Ke Baduy

Pada tanggal 22 Mei 2009 lalu, aku dan temen-temanku ( 19 org anak, 5 org guru dan 2 partisan ) jalan-jalan ke Baduy.. Perjalanan ke Baduy sangat spektakuler.. Perjalanan dimulai pada hari Jum'at jam 2 siang, kumpul di amang-amang ( sebutan untuk tempat jualan di sekolahku ) dan naek angkot ke merak untuk naek kereta penumpang, yang sebenernya kurang pantes disebut kereta penumpang, lebih pantes disebut kereta barang. ( apa emang bener2 kereta barang ya?? ) Gerbongnya paling belakang, banyak anak2 jalanan, dan tempat duduknya kurang layak ( tapi di perjalanan asyik juga sich.. Seru !! ). Dan abis sampe ke Rangkas, kita semua naek elf ( atau apa gitu namanya.. sejenis bis kecil ) elf-nya udah agak ringsek.. trus (kata temen2ku) pas waktu belokan, elf-nya udah oleng dan mau jatuh.. kebayang gak seremnya?? mau tidur, tapi gak bisa tidur. ( orang tergoncang-goncang ) abis tergoncang heboh, kita semua pada turun dri elf dan stay di Ciboleger selama satu hari. Malemnya kita semua beli oleh-oleh ( baju, dan pernak-pernik lainnya ). Harga oleh-olehnya dimahalin sama penjualnya.. yang tadifnya 3rb jadi 5rb.. jadi tekor dech, yang niatnya beli 20 ( kayak aku nich.. ) jadi cuma kebeli 15.. huu.. huu.. T_T. kalo mau beli baju, disana lumayan murah, sekitar 20rb-an..


Hari Sabtu pagi, kita semua olahraga ( lari pagi dan senam ) katanya sich supaya ntar naek gunungnya gak keram.. Dan abis makan pagi ( makan paginya ngantri bareng anak SMA Bandung.. ), kita beres-beres dan memulai naek gunung yang penuh perjuangan.. jalannya -+ 12 km, dan disertai dengan jatuh bangun ( aku jatuh 4 kali ). pas jalan, serasa gak nyampe-nyampe.. yang paling dahsyat adalah tanjakannya.. katanya sich cuma ada 3 tanjakan, padahal ada berjuta-juta tanjakan ( lebayy.. ) tapi, emang tanjakannya lebih dari 3.. Dan akhirnya, abis 4 jam jalan tadi, kita sampe ke desa Cibeo. desanya asri banget.. ( ya iyalah, ditengah hutan ) Pas udah sampe disana, dijamin semua orang langsung terkejut dan serasa capeknya ilang dech..


Dan akhirnya kita istirahat di rumah penduduk sembari ngobrol sama orang Baduy.. ( ngobrol apaan?? orang gak ngerti bahasa sunda ) Makan siangnya dimakan di kali yang airnya dingin dan udaranya sejuk.. Waw.. Mantabb dech.. sekalian maen air sejenak ( lumayan lama sich.. ), abis gitu anak laki-laki renang dech di kali yang lainnya.. awalnya cewe2 juga mau berenang, tapi.. males dech.. setelah kenyang istirahat,kita semua ke desa yang lainnya.. ( gak terlalu jauh dari cibeo.. )Pas malem, disana tuch gelap-gelapan.. orang di baduy gak boleh pake' teknologi apapun. Alhasil, kita pake' lilin dan senter dech.. tapi orang baduy punya senter mereka sendiri, yaitu kayu ( atau apa gitu ) dibentuk corong lalu di taroh lilin. besoknya, abis makan pagi ( pake abon ) kita semua pada pulang..


Pulangnya melewati jalan yang lain dari pas dateng.. pulangnya ngelewatin lajur yang turunaaaaaaaan mulu.. berkilo-kilometer jalurnya turunan ekstrim.. dan turunannya licin banget... pas pulangnya, aku jatuh 3 kali.. hiks.. T_T malangnya nasibku.. pas lagi break, ada orang yang jualan oleh-oleh.. bahkan oleh-oleh itu harganya setengah dari yang aku beli di ciboleger.. hiks.. tapi apa daya, udah terlanjur beli di ciboleger.. mau gimana lagi?? dan akhirnya, kita sampe juga di ciboleger.. dan abis break sebentar, kita pada naik elf lagi, tapi kali ini lebih ekstrim daripada pas dateng.. goncangannya lebih keras.. dan pas pulang, kita makin dempet-dempetan.. akhirnya kita naik kereta dan pulang ke merak. ( pas pulang, keretanya lumayan bagus.. keretanya kelas 3 )


dan.. akhirnya kita pulang ke rumahh.........
pengalaman ke baduy ini sangat berharga ( dan seru tentunya =D )
aku jadi pengen kesana lagi..

0 komentar:

VisitCounter

Powered by web analytics software.